Print

            Halo Rekan Karta! Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang perawatan aki. Aki merupakah salah satu komponen dari motor yang sangat penting. Aki berfungsi sebagai sumber energi ketika menghidupkan mesin motor, aki juga berfungsi sebagai sumber listrik bagi sistem listrik pada motor ketika mesin motor mati. Salah satu gejala yang menandakan bahwa aki motormu perlu diganti adalah kesulitan menghidupkan mesin. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga agar aki kendaraan anda dapat lebih tahan lama:

 

1. Nyalakan Motor Jika Jarang Digunakan

aki

            Jika tidak digunakan, usahakan untuk memanaskan mesin motor dengan menyalakannya setiap satu-dua hari sekali. Mengapa? Hal ini dilakukan agar pengisian listrik tetap terjadi, aki pada motormu terisi ketika mesin motormu menyala. Apabila tidak dilakukan pemanasan, maka akimu bisa soak karena listriknya habis. Sebenarnya hal ini juga sama dengan pada mobil, jadi bagi kalian yang memiliki mobil, lakukanlah hal yang sama.

 

2. Hindari Jalan Berlubang

aki-i

            Ketika berkendara, hindarilah lubang atau jalan yang rusak. Hal ini dikarenakan guncangan yang berlebihan akan cepat merusak sel-sel yang berada di dalam komponen aki ini jika terlalu sering mendapatkan guncangan yang berlebihan. Salah satu cara untuk menghindari lubang adalah menjaga jarak dengan kendaraan yang berada di depanmu. Banyak sekali pengendara yang senang untuk mepet dengan kendaraan di depan, ini berbahaya terutama sedang dalam kecepatan tinggi karena pengendara tidak dapat melihat secara langsung kondisi jalan yang berada di depannya secara langsung.

 

3. Perhatikan Ketinggian Aki

aki-ii

            Ingat untuk selalu memperhatikan ketinggian air aki. Air harus selalu berada di bawah ‘upper level’ dan di atas ‘lower level’. Apabila kurang, maka aki perlu langsung diisi, karena ini berpengaruh ke umur dari aki tersebut. Pengisian aki tidaklah rumit, kamu cukup membuka tutup lubang dan kemudian memasukan air aki kedalamnya. Namun perlu diingat bahwa air aki cukup berbahaya sehingga pastikan kamu menggunakan sarung tangan dan juga kaca mata ketika sedang melakukan pengisian. Apabila bimbang, kamu bisa ke bengkel untuk minta bantuan pengisian.

            Semoga ketiga tips di atas berguna untuk Rekan Karta. Kami berharap bahwa selain mendapatkan penghasilan tambahan, rekan karta juga dapat merawat motor dengan baik.

 

Cheers

 

Karta Crew

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *