Tips Berkendara Nyaman & Aman

           Halo, Karta Driver ! Pada artikel kali ini, kita akan membahas seputar tips dalam berkendara. Sebagai pengendara motor tentu sudah seharusnya mengetahui bagaimana cara mengendarai sepeda motor yang baik dan benar. Hal ini merupakan salah satu dari berbagai aspek keselamatan berkendara di jalan raya. Selain mencegah kecelakaan yang angkanya semakin tinggi saat ini, juga demi terwujudnya kenyamanan dengan sesama pengendara lainnya. Untuk itu, yuk cari tau apa aja sih tips berkendara yang ideal, aman dan nyaman.

 

1. Perhatikan kondisi kendaraan agar dalam keadaan yang baik

qedqw

          Perhatikan kondisi kendaraan agar dalam keadaan yang baik
Dalam berkendara, kita wajib melakukan persiapan dengan mengecek seluruh komponen kendaraam. Ibarat menulis dengan pena, kita perlu mengecek apakah tinta tersedia. Pastikanlah selalu sepeda motor yang digunakan dalam kondisi yang baik. Jangan pernah menganggap remeh hal-hal yang kecil karena bukan hanya akan mengganggu proses perjalanan tetapi juga bisa membahayakan keselamatan. Berikut merupakan beberapa komponen yang perlu diperhatikan dengan cermat :

  • Rem berfungsi dengan baik
  • Roda tidak ada yang rusak
  • Tekanan pada angin mencukupi
  • Lampu utama dan sein berfungsi dengan baik
  • Kaca spion dapat berfungsi dengan baik dan dipasang dengan tepat
  • Bensin dan oli cukup

 

2. Selalu menggunakan pelindung diri

Selain memperhatikan kondisi kendaraan, ada baiknya juga selalu memperhatikan pelindung diri. Pastikan selalu menggunakan pelindung diri yang lengkap. Berikut merupakan beberapa pelindung diri yang harus digunakan :
 

  • Pakaian

Selalu gunakan baju panjang dan celana panjang dalam berkendara sepeda motor. Mungkin akan terasa panas mengenakan baju dan celana panjang pada siang hari, tetapi dengan terbiasa maka akan lebih terlindungi jika terjadi kecelakaan. Mungkin bagi kebanyakan orang akan lebih nyaman apabila mengenakan baju dan celana pendek, akan tetapi dengan berpakaian seperti itu dapat menyebabkan energi lebih cepat terkuras karena gesekan dengan udara. Kekurangan udara akan mengakibatkan menurunnya daya konsentrasi. Apabila hal tersebut terjadi maka akan sangat berbahaya untuk keselamatan pengendara.
 

  • Sarung tangan dan sepatu

Selain pakaian, juga harus memperhatikan penggunaan sarung tangan dan sepatu. Pemakaian sarung tangan dan sepatu akan meminimalkan luka jika terjadi kecelakaan.
 

  • Helm

Selalu menggunakan helm berstandar SNI dan pastikan helm terpakai dengan baik dan benar. Kecelakaan yang membawa kematian kerap kali terjadi karena pengendara tidak menggunakan helm yang baik dengan tepat. Helm dapat menghindari pengendara dari terjadinya benturan keras. Untuk itu, selalu menggunakan helm yang berstandar baik dan pastikan cara penggunaannya baik dan benar.

 

3. Memperhatikan sikap dalam berkendara

iukjyjy

Setelah memastikan bahwa kendaraan dan pelindung diri sudah dalam keadaan baik dan lengkap. Sikap dalam berkendarapun juga penting untuk diperhatikan. Berikut merupakan sikap-sikap yang baik dalam berkendara :

 

  • Duduk diatas sepeda motor harus dalam keadaan badan lurus, pandangan kedepan dan rapatkan lutut. Selain itu, biarkan tangan, kaki dan punggung dalam keadaan rileks.
  • Jangan mengangkat kaki keatas motor atau ketempat lainnya dikarenakan kaki yang tidak tepat posisinya akan mengakibatkan pengendara kesulitan melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan untuk menghindari kecelakaan terjadi. Sesekali pengendara dapat melakukan tindakan mengerem, agar kaki tetap siaga melakukan pengereman jika kondisi sedang mendesak.

 

4. Memperhatikan sikap dalam berkendara

Setiap kendaraan yang digunakan pada kecepatan tertentu membutuhkan jarak tertentu pula pada kendaraan yang berada didepannya. Sehingga, apabila terjadi pengereman mendadak dapat memberi ruang yang cukup bagi pengendara yang berada dibelakang. Untuk itu, pengendara perlu memperhatikan kecepatan dalam berkendara dan menyesuaikan jarak dengan kendaraan lainnya.
 
5. Selalu tetap waspada

Banyak sekali pengendara yang merasa yakin bahwa kemampuan berkendaranya sudah mahir sehingga menurunkan kewaspadaannya saat berkendara. Hal tersebut dapat menyebabkan semakin meningkatnya terjadi kecelakaan karena semahir apapun cara berkendara tetap saja perlu waspada.
 
6. Selalu patuhi rambu lalu lintas
Pastikan selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada guna mencegah terjadinya kecelakaan. Perhatikan pula persimpangan jalan, jika akan berbelok nyalakanlah sein dengan cara yang cukup (tidak terlalu dekat), kurangi kecepatan dan selalu memperhatikan kaca spion dengan cermat. Jika akan berpindah jalur, maka gunakan lampu sein dan jangan lupa mematikannya kembali jika sudah pada jalur yang diinginkan. Dikarenakan lupa mematikan sein dapat membuat pengendara lainnya kesulitan memperkirakan pergerakan kendaraan.
 
Cheers
 
 

Karta Crew

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *