Halo, Rekan Karta ! Kalau di part sebelumnya kita sudah membahas mengenai apa saja yang dibutuhkan agar kita terhindar dari kecelakaan atau selamat sampai tujuan. Nah di part kali ini, kita akan membahas mengenai bagaimana cara kita menjadi seorang driver yang taat dan patuh terhadap peraturan agar terhindar dari berbagai macam operasi di jalan.

1. Pastikan Membayar Tepat Waktu

            Sebagai warga Negara Indonesia yang baik, tentunya kita diwajibkan untuk membayar pajak. Pembayaran pajak bukan hanya berasal dari penghasilan ataupun bangunan.Kendaraan juga salah satu materi kena pajak. Dimana pajak kendaraan bermotor juga dibayarkan tahunan sesuai dengan waktu yang tertera pada Surat Tanda Nomor Kendaraan.
taxx

2. Memperpanjang Masa ‘Surat Tanda Nomor Kendaraan’

            Meskipun sudah membayar pajak tahunan, kita belum bisa terhindar dari operasi lalulintas. Kita juga harus memperpanjang Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK setiap 5 tahun sekali sesuai dengan waktu yang tertera didalan Surat Tanda Nomor Kendaraan. Untuk perpanjangan STNK kita harus memenuhi beberapa syarat, diantaranya adalah dengan melunasi pajak tahunan kendaraan.

ke2           

 

3. ‘Surat Ijin Mengemudi’ atau SIM

          Sebagai pemilik kendaraan, kelengkapan terhadap surat-surat kendaraan sangat penting. Namun kita juga harus mempersiapkan Surat Ijin Mengemudi bila kita hendak mengendarai kendaraan. Surat Ijin Mengemudi atau SIM biasanya memiliki ketentuan-ketentuan untuk pembuatannya. Salah satu ketentuannya adalah kita harus minimal berusia 17 tahun. Selain itu, SIM juga memiliki masa aktif hingga 5 tahun. Jadi SIM juga harus diperpanjang setiap 5 tahun sekali layaknya STNK

4. Selalu Membawa Surat – Surat Saat Berkendara

          Rutin membayar pajak kendaraan, STNK selalu diperpanjang tepat waktu, SIM sudah ada dan selalu diperpanjang tepat waktu. Namun hal tersebut akan sia-sia bila kita tidak membawanya ketika berkendara.

ke3

Itulah sekilas mengenai apa saja yang kita butuhkan saat berkendara. Satu hal lagi jangan menghindari operasi lalulintas apa lagi hingga membahayakan diri sendiri bahkan orang lain, karena lebih baik kita mengakui kesalahan kita dari pada membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Semoga bermanfaat bagi kita semua ya. 
Cheers

 

Karta Crew

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *