bannerMerawatMotr

            Hai, Rekan Karta ! Tentu kita semua sadari seiring dengan perkembangan zaman, hampir setiap jalanan yang kita temui saat ini sudah semakin dipenuhi oleh sepeda motor. Karena dengan mengendarai sepeda motor dapat sangat membantu dalam mengoptimalkan kinerja manusia, mempercepat jarak tempuh perjalanan, dan dapat pula menunjang karir serta masih banyak lagi manfaat mengendarai sepeda motor. Akan tetapi, diluar manfaat sepeda motor tersebut, motor pun juga membutuhkan perawatan layaknya makhluk hidup. Untuk itu, mari kita simak apa aja sih tips-tips dalam melakukan perawatan motor.

 

1. Melakukan servis rutin

            Servis rutin sebaiknya dilakukan pada setiap motor baik motor yang sering digunakan maupun motor yang jarang digunakan. Akan lebih baik apabila servis motor dilakukan setiap range kilometer tertentu seperti kelipatan 500 atau 1000 sesuai dengan rekomendasi pabrik. Pada saat melakukan servis rutin, pastikan pula montir melakukan servis dengan baik dan tidak ada kesalahan selama melakukan servis.

42030268-Vidange-de-l-huile-dans-votre-voiture-pneus-et-la-suspension-des-r-parations-service-Auto-Auto-m-can-Banque-d'images

 
2. Mencuci motor

            Selalu mencuci motor terutama setelah terkena air hujan. Apabila tidak sempat mencuci motor, dapat pula melakukan penyemprotan motor dengan air bersih, dikarenakan apabila terkena air hujan, kandungan asam yang terdapat pada air hujan dapat menimbulkan oksidasi dan akan menimbulkan karat pada bagian besi. Selain itu juga, air hujan dapat menimbulkan bekas jamur di body motor. Selain karena hujan pun, pencucian motor juga diperlukan pada saat motor terkena lumpur atau tanah. Pencucian motor diharapkan dapat meningkatkan penampilan motor dan juga menunjukkan bahwa motor terawat dengan baik.

 
3. Selalu periksa kondisi air aki

          Periksa kondisi air aki pun juga diharuskan apalagi yang menggunakan aki basah. Dikarenakan elemen pada aki basah membutuhkan air aki yang akan berkurang seiring dengan penggunaan motor. Apabila tidak pernah mengecek air aki, maka ketika air aki habis, akan berdampak buruk pada aki sehingga tidak dapat berfungsi dengan normal. Akan tetapi hal yang perlu diingat, selalu gunakan sarung tangan karet pada saat menuang air aki dikarenakan air aki mengandung zat yang keras.

 
4. Selalu periksa kekencangan baut dan ketegangan rantai

          Pastikan selalu mengecek kondisi baut-baut pada motor untuk memastikan tidak ada baut yang kendor dan pastikan pula tidak ada baut yang berkarat. Dikarenakan baut yang kendor dapat membahayakan diri dan oranglain. Mungkin bagi sebagian orang, hal tersebut merupakan hal yang kecil. Akan tetapi apabila dibayangkan, bila tiba-tiba salah satu baut pada motor terlepas pada saat motor sedang melaju kencang, bukankah hal tersebut sangat berbahaya?
Selain memperhatikan baut, rantai motor pun perlu diperhatikan. Usahakan agar rantai motor tidak terlalu kendor dan tidak terlalu tegang. Dikarenakan rantai motor yang terlalu kendor maka akan mengeluarkan bunyi yang sangat mengganggu dan rantai motor yang tegang akan berakibat lebih cepat putus

 

5. Selalu gunakan bahan bakar sesuai dengan rekomendasi pabrik

          Dalam melakukan pengisian bahan bakar, diharapkan melakukan pengisian bahan bakar sesuai dengan yang telah direkomendasikan oleh pabrik. Pengisian bahan bakar yang tidak sesuai dapat berdampak buruk seperti penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros, performa mesin pun akan terus berkurang dan lebih parahnya lagi dapat mengakibatkan motor harus angkat mesin.

 

6. Selalu gunakan sparepart original

          Selalu pastikan menggunakan sparepart original ataupun sparepart yang berkualitas baik. Apabila sudah waktunya untuk melakukan pergantian sparepart, maka pastikan menggantinya dengan sparepart original atau bila tidak ada yang original setidaknya carilah sparepart yang berkualitas baik. Dikarenakan apabila hanya menggantinya dengan sparepart yang berkualitas rendah, sparepart tersebut hanya memiliki usia yang lebih singkat. Untuk itu selalu gunakanlah sparepart yang original dan berkualitas baik.

ke

6. Hindari membawa beban yang berlebihan

          Dalam membawa beban menggunakan sepeda motor pun juga harus diperhatikan beban yang dibawa agar tidak membawa beban yang melebihi batas. Walaupun mungkin pada awalnya tidak akan terasa pengaruh buruknya, akan tetapi lama kelamaan akan mengalami masalah terutama pada bagian shock breaker dan roda. Selain itu pun juga harus memperhatikan tekanan angin. Sehingga cobalah unuk melakukan perawatan motor dengan menghindari membawa beban yang berlebihan.

qweqwd

Cheers

 

Karta Crew

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *